Jumat, 21 Januari 2011

KECANDUAN INTERNET

Bagi sebagian orang internet memang salah satu media untuk meningkatkan produktifitas dalam bekerja, meningkatkan kemampuan, sebagai sumber pustaka tanpa batas dan bahkan menjadikan internet sebagai lahan bisnis yang menggiurkan, namun bagi sebagian orang yang lain internet justru membawa dampak negative yang sering kita sebut sebagai “kecanduan internet”.
Gejala Kecanduan
            Kecanduan internet disebut Internet Addiction Disorder (LAD). Beberapa tanda – tanda umum kecanduan internet disebutkan oleh Stephen Juan, Ph.D. seorang antropolog di University of Sydney antara lain :
1.      Selalu ingin menghabiskan lebih banyak waktu di internet sehingga akan menguras waktu efektif yang ada.
2.      Jika tidak menggunakan internet, muncul gejla – gejala penarikan diri kecemasan, gelisah, mudah tersinggung, bergetar, menggigil, gerakan mengetik tanpa sadar, obsesif, hingga berkhayalatau bermimpi mengenai internet.
3.      Jika terhubung dengan internet, gejala – gejala penarikan diri tersebut akan hilang ataupun berkurang.
4.      Mengangses internet lebih lama dari pada yang di niatkan.
5.      Cukup banyak porsi kegiatan yang digunakan untuk aktivitas terkait internet, termasuk email, browsing, dan chatting.
6.      Mengurangi kegiatan penting, baik dalam pekerjaan, sosial atau rekreasi, demi menggunakan internet.
7.      Hubungan sosial, pekerjaan, atau pendidikan terancam terganggu karena penggunaan internet yang berlebihan.
8.      Internet digunakan untuk melarikan diri dari perasaan bersalah, tak berdaya, kecemasan, atau depresi.
9.      Menyembunyikan penggunaan internet dari keluarga atau teman.
Banyak kasus yang dapt kita lihat ketika seseorang sudah terjangkit kejanduan internet, memang kalau seseorang suadah masuk dunia ini bnayak sekali godaan yang muncul dari informasi yang baik sehingga yang tidak baik, banyak orang tua yang mengeluhkan karena bermain game online yang tidak wajar dapat mengganggu keuangan keluarga.
Kenapa Bisa Sampai Kecanduan???
Seseorang pakar psikolog di Amerika David Greenflied, menemukan sekitar 6% dari pengguna internet mengalami kecanduan. Orang – orang tersebut mengalami gejala yang sama dengan kecanduan obat bius, yaitu lupa waktu dalam berinternet. Kebanyakan orang yang kecanduan internet ini dikarenkan mereka menemukan kepuasan di internet, yang tidak mereka dapatkan di dunia nyata. Kebanykan mereka tertangkap pada aktivitas negative seperti games, judi dan sex online.
Dampak Negatif
Menurut Dr. Diame M. Wileand dari Perspectives in Psychiatric Care, kacanduan internet berdampak buruk terhadap kehidupan si pecandu waluapun sampai saat ini kecanduan internet belum dapat disebut sebagai sebuah penyakit. Menurutnya, Kontak di cyberspace dapat mengakibatkan gangguan bagi hubungan seseorang, misalnya dengan melakukan hubungan virtual yang mampu dijajaki hingga hubungan sekz virtual. Saya jadi ingat pernah menonton sebuah film yang ditampilkan sebuah stasion TV swasta yang didalamnya mengisahkan tentang seorang durhakanya seorang istri yang kecanduan chatting sebuah aktifitas ngobrol langsung diinternet bahkan hingga bertatap muka menggunakan kamera. Dan di sebuah kota di Jawa Barat pernah ditemukan kasus banyaknya siswa yang ketagihan games online sampai lupa waktu, bahkan memakai uang bayaran sekolah untuk membayar sewa games online. Ini merupakan subuah realita bahkan kecanduan internet sangat berdampak kurang baik.
Tips Mengurangi Kecanduan Internet
            Fenomena diatas menandakan bahwa  internet sudah mulai berahasil “ menghipnotis” para penggunanya dan berarti tugas kita adlah bagaimana keluar dari kecanduan tersebut. Namanya juga kecanduan, maka yang di perlukan cukup lama untuk merubah kecanduan internet menjadi sesuatu yang proporsional diman internet bener – bener berjalan sesuai fungsinya yang positif, berikut beberapa tips untuk mengurangi kecanduan internet :
ü  Cari tau masalahnya
Bagi sebagian orang merasa kegundahan dan kegelisahan akan berkurnag ketika sudah berintraksi dengan internet atau yang lebih tragis lagi bias dikatakan bila seseorang seadang “sakaw” maka akan sembuh ketika sudah menggunakan internet. Masalah yang seperti ini yang harus ditemukan dan menggantinnya dengan metode lain yang lebih baik.
ü  Kenali pemicunya
Kecanduan internetpun tentu ada pemicunya, apakah itu sebagai pengobat stress atau gundah? Coba cari alternative lain misalkan dengan jalan – jalan ke gunung rekreasi ke tempat pariwisata.
ü  Kurangi dikit demi dikit
Kebiasaab berlama – lama diinternet seperti menghabiskan waktu seharian untuk bersurfing ria tentu akan berdampak kurnag baik bagi kesehatan, maka kita harus mulai berani untuk mengurangi kebiasaan itu sedikit demi sedikit.
ü  Ubah pola kebiasaan online
Jika kebiasaan online kita menghabiskan seharian intuk berinternet yang belum tenyu arahnya, maka kita harus mulai merubah kebiasaab itu dengan membuat pola baru dimana misalnya membaca email sebagai prioritas, dilanjutkan dengan membaca informasi berita setelah itu harus mulai berani untuk tidak melakukan hal – hal yang tidak menjadi proritas, namun aturan dibuat itu  harus dipatuhi.
ü  Atur ulang jadwal rutinitas
Biasanya ornag yang kecanduan ineternet tidak mempunyai jadwal yang teratur dalam keseharian aktifitasnya, oleh karena itu kita  harus mulai mengatur ulang  jdwal rutinitas kita dengan proposional.

0 komentar:

Posting Komentar