Minggu, 16 Januari 2011

Latar Belakang, Sejarah, dan Jenis Jaringan

Latar Belakang dan Sejarah Jaringan 

Pada tahun 1940 - an di Amerika ada penelitian yang ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer secara bersama. Di tahun 1950 - an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer, karena mahalnya harga perangkat komputer maka ada tuntutan sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal. Dari sinilah maka muncul konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), bentuk pertama kali jaringan (network) komputer diaplikasikan. pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke host komputer.

Selanjutnya konsep ini berkembang menjadi proses distribusi (Distributed Processing). Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer.

Selanjutnya ketika harga - harga komputer kecil sudah mulai menurun dan konsep proses distribusi sudah matang, maka penggunaan komputer dan jaringannya sudah mulai beragam dari mulai menangani proses bersama maupun komunikasi antar komputer (peer to peer system) saja tanpa melalui komputer pusat. untuk itu mulailah berkembang teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan sebutan LAN (Local Area Network). Demikian pula ketika internet mulai diperkenalkan, maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai berhubungan dan terbentuklah jarinngna raksasa ditingkat dunia yang disebut dengan istilah WAN (Word Area Network).

Jenis Jenis Jaringan

Secara umum jaringan komputer terdiri atas 5 jenis : 
1. Local Area Network (LAN)
Local area network (LAN), merupakan jaringan kocal yang digunakan oleh suatu berbagi untuk berbagi sumber daya (resources sharing) seperti printer dan file. LAN biasanya dibangun dan dikelola oleh organisasi tersebut. Teknologi LAN anatara Lain Ethernet, token ring, dan FDDI
Ciri - ciri LAN:
  • bekerja di area geografis yang terbatas 
  • dapat digunakan muti - access hingga - bandwitdth
  • administrasi dilakukan melalui administrator lokal
  • koneksi secara Full - Time dan langsung (Directly Connected)
 2. Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yabng merupakan lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kontor - kantor perusahaan yang letaknya berdekapatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan unutk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubunga dengan jaringan televisi kabel.

3. Wide Area Network (WAN)
Wide Arean Network (WAN), jangkuannya mencakup daerah geografis yang luas, sering kali mencakup sebuah negara bahkan benua. beberapa teknologi WAN anatara lian adalah modem, ISDN, DSL, T1, E1, T3, E3, SONET dan Frame Relay.
ciri - ciri WAN :
  • bekerja di area geografis yang luas
  • dapat diakses melalui srial interface dengan kecepatan yang rendah
  • koneksi secara full time dan part time

4. Intranet
Melibatkan jaringan LAN dan Web server yang terpasang pada jaringan LAN. Web server digunakan unutkmelayani permintaan pengguna internal suatau organisasi untuk menampilkan data dan gambar. intranet mempunyai sifat tertutup yang berarti pengguna dari luar organisasi tidak dpat mengaksesnya.
5. Internet
Internet terdapat banyak jaringan di dunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda - beda. orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya.
Terdapat pula jaringan yang lain :
  1. Store Area Network (SAN)
  2. Virtual Private Network (VPN)


0 komentar:

Posting Komentar